* PERHATIAN, Semua Software Disini Hanya Untuk Tujuan Edukasi Saja. Jika Anda Tertarik, Silahkan Membeli Produk Original. Untuk Keamanan Konten NALHACKER Portal, Sekarang LINK DOWNLOAD Telah Dienkripsi Menggunakan Layanan SAFE LINK CONVERTER. Untuk Cara Download, SILAHKAN KLIK DISINI. Mendownload Di "NALHACKER Portal" Sangat Mudah, Cepat Dan Bebas Virus *

Cara Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca


Cara Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca
Cara Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca. Untuk anda yang menggunakan Harddisk untuk memainkan PS2, anda perlu untuk mengetahui permasalahan ini. Permasalahan Harddisk PS2 Tidak Terbaca ini sudah menjadi masalah umum, dimana Harddisk PS2 anda tidak akan terbaca oleh PS2 khususnya tipe Slim dan akan mengeluarkan bunyi (Krek... Krek... Krek...) ditandai dengan lampu Indikator harddisk yang tidak berkedip atau terus menyala. Saya telah menghabiskan waktu hampir sehari penuh untuk mendeteksi masalah ini.

Cara Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca

Pada percobaan kali ini saya menyiapkan tiga Harddisk Eksternal yaitu Hitachi Touro (USB 3.0), Seagate Expansion (USB 2.0) dan WD My Passport Ultra (USB 3.0) yang baru dibeli serta tiga buah Harddisk Internal yaitu Seagate 500 Gb, Toshiba 500 Gb, Hitachi 160 Gb yang mana Seagate dan Toshiba masih dalam kondisi baru sementara Hitachi sudah melewati 3 tahun. Hitachi, WD dan Seagate saya pilih karena kualitasnya sudah tidak diragukan lagi menurut saya, teruji tahan banting selama 5 Tahun terakhir tanpa masalah untuk Hitachi.

Cara Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca
Status Game Pada USBUtil OK

Awalnya saya mulai dari  medeteksi settingan PS2 saya mulai dari setting OPL, mengisi ulang game hingga mengganti Enclosure beserta kabelnya dari yang kualitasnya Standard hingga yang kualitasnya paling bagus dengan harga mahal hasilnya sesuai prosedur sudah benar namun tidak terbaca oleh PS2 saya. Tetapi ketika saya coba di PS2 FAT, hasilnya terbaca dengan baik. Saya sempat berpikir PS2 saya yang rusak namun hal itu tidak mungkin karena kondisinya yang masih baru dan jarang dipakai.

Saya kemudian mengisi game menggunakan USB Util ke dalam Harddisk Seagate Expansion dengan koneksi USB 2.0 kemudian saya lakukan hal yang sama pada WD My Passport Ultra hingga Hitachi Touro yang kualitas interfacenya saya nilai paling baik namun hasilnya masih saja tidak terbaca di PS2. Saya kemudian mengecek kembali settingan USBUtil saya ternyata statusnya OK semua, Structure juga OK. Saya kemudian menguji ketiga Harddisk Internal saya dengan menggunakan USBUtil, tetapi hasilnya tetap sama, terlintas di pikiran saya mungkin ukuran maksimum Harddisk penyebabnya. Saya kemudian mencari artikel mengenai Ukuran Maksimum Harddisk yang dapat dibaca oleh Chip Matrix Modbo 5.0. Sayangnya tidak ada kepastian.

Pemecahan Masalah Harddisk PS2 Tidak Terbaca

Padahal sebelumnya saya lihat ada teman yang menggunakan Harddisk 1 Tb pada PS2 miliknya pun terbaca dengan mudah. Masalahnya tentu bukan disini, saya mulai berpindah dan mengganti-ganti kabel karena saya merasa PS2 saya tidak ada masalah karena karena memang masih baru dan jarang digunakan 2 tahun terakhir akibat kesibukan saya. Hingga menjelang pagi, akhirnya saya berhasil memecahkan permasalahan ini. Ternyata permasalahan ini hanya berada di Power, yaitu Power yang disalurkan oleh PS2 ke Harddisk tidak mencukupi sehingga Harddisk mengalami Lost Power. Untuk mengatasi Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca ini, anda cukup mengganti kabel dengan yang memiliki dua cabang seperti pada gambar berikut.

Cara Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca
Kabel USB 2.0 (2 Cabang)

Cara Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca
Kabel USB 3.0 (2 Cabang)

Setelah saya mengganti kabel Harddisk saya dengan yang bercabang dua, semua Harddisk Eksternal saya yaitu Hitachi Touro (USB 3.0), Seagate Expansion (USB 2.0) dan WD My Passport Ultra (USB 3.0) terbaca dengan baik dan tidak lagi mengeluarkan bunyi (Krek... Krek... Krek...) dan indikator pun mulai berkedip sebagai pertanda proses Read/Write sedang berlangsung. Hal yang sama juga terjadi di Harddisk Internal saya ketiganya berfungsi dengan normal. Akhirnya saya bisa tertidur nyenyak setelah memecahkan permasalahan ini sepanjang malam dan dapat menuliskannya untuk anda semua sebagai solusi seandainya ada yang mengalami permasalahan seperti ini.

Demikian Cara Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca yang dapat sya tuliskan untuk anda kali ini. Semoga artikel mengenai Cara Mengatasi Harddisk PS2 Tidak Terbaca ini dapat bermanfaat bagi anda.





Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan KLIK DISINI atau dengan memasukan alamat email pada kolom dibawah dan tekan tombol Subscribe untuk mendapatkan pemberitahuan melalui email setiap kali ada artikel terbaru yang diterbitkan di NALHACKER Portal.

Share This Articles To Your Friends !



Ketentuan Berkomentar
1. Berkomentarlah dengan sopan serta tidak melanggar unsur SARA
2. Mohon tidak berkomentar diluar topik atau Out Of Topic (OOT)
3. Untuk komentar diluar topik yang ada (OOT) silahkan dialamatkan via email ke :
nalhackerportal@gmail.com atau melalui facebook NALHACKER Portal